Cara Mengembalikan Barang Di Lazada Dengan COD

Cara Mengembalikan Barang Di Lazada Dengan COD

Tidak dapat dipungkiri bahwa ketika kita membeli barang secara online bisa terjadi yang namanya salah pesan atau barang yang dikirim tidak sesuai dengan yang kita harapkan.

Sehingga tentunya mau tidak mau kamu harus mengembalikan barang atau menukar produk tersebut istilahnya yaitu dengan Return.

Retur merupakan salah satu pengembalian barang dari pelanggan ke penjual yang disebabkan karena barang tersebut tidak sesuai atau kondisi yang lainnya.

Bahkan hampir semua marketplace ini memiliki pilihan untuk pengembalian barang, Salah satunya yaitu di marketplace Lazada.

Cara untuk mengembalikan barang di Lazada ini dapat dilakukan dengan mudah dan praktis, namun bagi kamu yang tidak tahu caranya bisa mengikuti penjelasan di bawah ini sampai tuntas.

Cara Mengembalikan Barang Di Lazada Dengan COD

Bagi kamu yang ingin mengembalikan barang yang sudah dibeli dengan menggunakan metode Cash on Delivery atau yang biasa disebut dengan COD, maka kamu bisa mengikuti langkah-langkah berikut ini:

  1. Langkah pertama yang dapat kamu lakukan yaitu login ke akun lazada yang kamu miliki dan pilih menu pesanan saya.
  2. Kemudian ke pihak semua pesanan dan lanjutkan dengan memilih produk yang akan dikembalikan.
  3. Lalu tekan pengembalian saya dan isi alamat pengembalian.
  4. Jangan lupa juga untuk memilih pengembalian dana, nantinya kamu bisa memilih Lazada kredit atau bank transfer.
  5. Jelaskan alasan pengembalian barang tersebut dan masukkan foto produk sebagai bukti.
  6. Setelah itu tekan tombol kirim pada saat formulirnya sudah lengkap dan cetak label pada bagian unduh label pengembalian.
  7. Tempelkan label pada paket yang akan kamu kembalikan dan kemas kembali.
  8. Selanjutnya hubungi jasa ekspedisi setelah paket tersebut sudah selesai dikemas.
  9. Untuk pengembalian barang COD di Lazada ini tidak dikenakan biaya ongkir, kamu bisa memilih metode pengiriman barang seperti penjemputan barang atau drop off.

Kebijakan Return Barang

Tentunya akan ada beberapa kebijakan Return lazada yang harus kamu ketahui apabila kamu ingin melakukan hal tersebut, diantaranya yaitu:

  1. Harus ada bukti pembelian barang (nomor pesanan, faktor pembelian dan lainnya).
  2. Jangan lupa untuk mengisi rincian bang ketika kamu mengisi formulir pengembalian barang, apabila pembayaran tersebut dilakukan melalui bank transfer/ bayar di tempat (COD).
  3. Apabila kamu memilih metode dro off tunjukkan nomor resi pengamanan kepada jasa pengiriman (ekspedisi) yang kamu pilih, ketika mau mengisi formulir pengembalian barang.
  4. Perhatikan juga alasan, karena di Lazada ini kamu harus memberi alasan yang sah dan sesuai dengan persyaratan persetujuan.
  5. Kirimkan produk ke alamat yang tercantum pada formulir pengembalian barang.
  6. Khusus untuk barang elektronik seperti laptop, handphone atau perangkat yang lainnya jangan lupa untuk menghapus kata sandi pada perangkat tersebut.
  7. Sebelum kamu mengembalikan barang kepada seller, maka ada baiknya kamu memperhatikan persyaratan pengajuan pengembalian barang terlebih dahulu baik dari nama pengajuan pengiriman syarat retur barang sampai jenis produknya pun harus kamu lihat jangan sampai tidak sesuai.

Kebijakan Membatalkan Pesanan Di Lazada

  1. Pembatalan pesanan di Lazada ini maksimal 1 jam Setelah pemasangan dibuat.
  2. Pembatalan tidak dapat dilakukan apabila produk yang dipesan merupakan koleksi Taobao, sudah diproses di gudang, sudah diproses pemasok (supplier) dan sudah berada dalam pengiriman.
  3. Nilai total pesanan setelah satu atau beberapa item dibatalkan harus memenuhi ketentuan penggunaan diskon, voucher atau promosi yang lainnya.
  4. Diskon, voucher atau promosi yang lainnya yang digunakan pada saat pemesanan yang dibatalkan tidak dapat digunakan kembali.
  5. Apabila kamu memakai metode bank transfer, return ini akan memakan waktu 3 sampai 7 hari kerja setelah diproses Lazada. Namun jika memakai metode pembayaran dengan kartu kredit, klikpay atau limit maupun cicilan, maka saldo kamu akan kembali dalam waktu 7 sampai 14 hari kerja.
  6. Pesanan yang sudah kamu batalkan tidak dapat diaktifkan kembali.
  7. Harga bisa berubah sewaktu-waktu tanpa pemberitahuan sebelumnya, sehingga harga yang berlaku yaitu harga yang tertera pada pemesanan baru dilaksanakan.

Akhir Kata

Itu saja yang dapat kami sampaikan tentang cara mengembalikan barang di lazada dengan COD, semoga penjelasan kali ini bisa membantu dan bermanfaat bagi kamu yang ingin melakukan pengembalian barang yang sudah kamu pesan.